Yang Muda, Sang Pemimpin Bangsa

Pemimpin Bangsa

Kael Leather Goods – Ada satu adagium Arab yang populer di Indonesia tentang anak muda. Bunyinya kira-kira begini, “Syubbanul yaum, rijalul ghad”. Artinya, orang muda hari ini adalah tokoh masa depan.

Ungkapan ini terkait pentingnya peran dan kontribusi orang muda dalam memimpin masa depan. Dengan kata lain, perkembangan dan kualitas orang muda hari ini akan berdampak besar pada arah dan kemajuan masyarakat di masa yang akan datang.

Lebih lanjut, orang muda mewakili generasi yang akan mewarisi tongkat estafet dari para pendahulu, melanjutkan perjalanan peradaban manusia, dan membawa perubahan yang akan membentuk dunia yang lebih baik. Di tengah dinamika global yang semakin kompleks dan perubahan teknologi yang pesat, peran pemuda menjadi semakin penting dalam mengarahkan arah perkembangan dunia.

Orang muda memiliki energi, semangat, dan ide-ide segar yang memungkinkan mereka untuk menjadi katalisator perubahan yang signifikan dalam masyarakat.

Pasalnya, orang muda hari ini tumbuh dan hidup di tengah-tengah revolusi teknologi. Mereka memiliki akses ke informasi dan alat-alat yang belum pernah ada sebelumnya. 

Dengan pengetahuan teknologi yang mendalam, mampu menciptakan solusi inovatif untuk berbagai masalah global, mulai dari perubahan iklim hingga krisis kesehatan. Kolaborasi global yang dimungkinkan oleh teknologi memungkinkan orang muda untuk berkontribusi dalam mengatasi tantangan lintas batas.

Seperti kata Goenawan Mohamad, pemimpin tak selamanya harus dari dari guncangan sejarah. Sebagian besar, pemimpin yang pernah ada di dunia menjelang akhir abad ke-20 ini, muncul bukan dari situasi krisis. Lewat Catatan Pinggir, edisi 5 Maret 1988, pemimpin lahir, tanpa revolusi, tanpa kup, tanpa persitiwa dramatis. Siapa saja bisa menjadi pemimpin, terlebih di era demokrasi terbuka saat ini.

Dengan demikian, orang muda harus tampil ke depan, mengambil bagian dari arus demokrasi. Pasalnya, jumlah anak muda saat ini cukup besar. Artinya, angka itu menunjukkan bahwa orang muda di Indonesia mencapai 24% dari total penduduk Indonesia saat ini.

Baca Juga : https://www.kael.co.id/generasi-muda-dan-tantangan-kerja-di-era-digital/