Tugas dan Peran Digital Marketing

Digital marketing memang banyak jenisnya. Tapi, apakah ada tugas dan peran utama yang harus dilakukan? Simak infonya di sini!

Marketing

Tugas dan Peran Digital Marketing

Teknologi yang semakin berkembang banyak memberikan dampak positif bagi dunia pemasaran. Pemasaran atau lebih sering disebut dengan marketing yang biasanya dilakukan secara langsung, kini bisa dilakukan secara digital. 

Pemasaran digital tentu memberikan banyak kemudahan bagi kamu untuk mengembangkan bisnis dan usaha yang hendak kamu bangun. Saat ini, banyak perusahaan yang sudah mengandalkan digital marketing untuk bisnis yang dimilikinya. 

Untuk itu, Sobat Kael perlu tahu dulu tentang apa itu digital marketing, serta tugas dan perannya. Hal ini dilakukan supaya kamu dapat menerapkan digital marketing dengan baik untuk bisnis yang semakin maju di era digitalisasi ini.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing merupakan sebuah aktivitas pemasaran yang dilakukan melalui media sosial untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Sesuai dengan pengertiannya, digital marketing ini dilakukan supaya perusahaan dapat memperlebar jangkauan konsumen secara efektif.

Tugas atau Peran Digital Marketer

Digital marketing sendiri merupakan sebuah proses kegiatan pemasaran digital, pastinya perlu seseorang untuk dapat menerapkan digital marketing di dalam sebuah perusahaan. Orang yang berprofesi sebagai digital marketing disebut dengan digital marketer.

Digital marketer merupakan seseorang yang memahami seluruh media sosial (digital) yang biasa digunakan untuk kegiatan pemasaran secara online. Seorang digital marketer juga perlu memiliki kemampuan untuk membentuk citra perusahaan menjadi lebih baik di pandangan konsumen.

Tugas dan peran yang harus dilakukan oleh digital marketer juga tidak bisa dibilang mudah, karena perlu banyak perhitungan untuk dapat menarik minat dari konsumen. Berikut ini tugas dan peran yang diemban oleh seorang digital marketer dalam sebuah perusahaan bisnis:

  1. Mengatur Website Perusahaan
  2. Mengaplikasikan Optimasi SEO ( Search Engine Optimization )
  3. Mengurus SEM ( Search Engine Marketing )
  4. Mengatur SMM (Social Media Marketing)
  5. Mengatur Iklan Display
  6. Membentuk Strategi Funneling

Baca Juga : https://www.kael.co.id/cara-memulai-digital-marketing-bagi-pemula-dan-tipsnya/

Order Now