Tips Menulis Transkrip Wawancara dengan Benar

Contoh Transkrip

Untuk menulis verbatim dengan benar, ikuti langkah-langkah berikut:

Dengarkan rekaman secara lengkap

Sebelum Anda mulai menyalin, dengarkan seluruh rekaman setidaknya satu kali Anda perlu membiasakan diri dengan kecepatan, aksen, dan aspek lain dari pembicaraan orang yang diwawancarai.

Pilih metode transkripsi pilihan Anda

Anda dapat mentranskripsikan audio secara manual atau menggunakan perangkat lunak transkripsi untuk membantu prosesnya. Beberapa Perangkat lunak transkripsi yang dapat membantu mengubah rekaman audio dan video menjadi teks. Beberapa opsi perangkat lunak transkrip wawancara online yang populer meliputi:

  1. Rev: Menawarkan layanan transkripsi otomatis dan bertenaga manusia, dengan paket berlangganan yang mencakup 20 jam rekaman audio yang ditranskripsi per bulan seharga $29,99.
  2. Otter.ai: Menggunakan AI untuk menyediakan transkripsi waktu nyata, catatan rapat otomatis, dan rekaman audio.
  3. Happy Scribe: Menawarkan editor transkripsi gratis untuk transkripsi manual, serta transkripsi otomatis dan layanan transkripsi buatan manusia.
  4. Pairaphrase: Perangkat lunak transkripsi berbasis web yang menyediakan transkripsi multibahasa yang cepat dan aman serta terjemahan percakapan langsung 1:1 langsung.
  5. Express Scribe: Menawarkan versi gratis yang andal dan solusi berbayar untuk menyalin rekaman audio dan video di PC dan perangkat Mac, dengan dukungan pedal dan hotkey keyboard untuk transkripsi yang lebih cepat.

Alat-alat ini dapat membantu Anda melakukan transkrip video ke text atau wawancara otomatis panggilan telepon, wawancara, video, ceramah, podcast, dan rapat, menjadikannya aset yang tak ternilai bagi bisnis dan individu.

Tulis draf terlebih dahulu

Daripada repot menyalin wawancara kata demi kata, tulis draf terlebih dahulu untuk mengidentifikasi bagian yang sulit didengar dan pahami pola bicara pembicara. Ini akan membantu Anda mengatur pemikiran Anda dan membuat struktur verbatim yang jelas.

Tambahkan catatan speaker dan time stap

Beri label dengan jelas pada setiap pembicara dan sertakan stempel waktu untuk memudahkan pembaca mengikuti percakapan dan mereferensikan bagian tertentu dari wawancara.

Catatan pembicara dan stempel waktu adalah metode umum untuk mengorganisir dan menavigasi transkrip online dari percakapan, wawancara, podcast, dan sejenisnya. Ini membantu pembaca atau pendengar untuk melacak siapa yang berbicara pada saat tertentu dan untuk dengan mudah menemukan bagian tertentu dari percakapan.

Gunakan tanda baca yang tepat

Pastikan transkrip Anda mudah dibaca dan dipahami dengan menggunakan tanda baca yang tepat.

Verbatim yang ditulis dengan baik menggunakan tanda baca yang tepat untuk membantu pembaca memahami intonasi, ritme, dan arti dari percakapan. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan tanda baca dalam transkrip wawancara kualitatif:

  • Contoh: Wawancarawan: “Bagaimana pengalaman Anda selama di perusahaan ini?”
  • Contoh: Wawancara: “Apa yang membuat Anda tertarik dengan bidang ini?”
  • Contoh: Wawancarawan: “Saya telah bekerja di sini selama lima tahun, dan saya sangat menikmatinya.”
  • Contoh: Wawancarawan: “Ada tiga alasan saya memilih pekerjaan ini: gaji, lokasi, dan budaya kerja.”
  • Contoh: Wawancara: “Anda pernah mengatakan, ‘Pekerjaan ini adalah impian saya.’ Apa yang Anda maksud?”
  • Contoh: Wawancara: “Anda mengatakan, ‘Saya merasa seperti ini adalah “rumah kedua” saya.’ Apa yang membuat Anda merasa seperti itu?”
  • Contoh: Wawancarawan: “Saya sangat senang mendengar itu!”
  • Contoh: Wawancarawan: “Saya telah bekerja di sini selama lima tahun; ini adalah pekerjaan terbaik yang pernah saya miliki.”
  • Contoh: Wawancarawan: “Saya bekerja di departemen penjualan (yang ada sekitar 50 orang di sana).”

Menggunakan tanda baca yang tepat dalam transkrip wawancara penelitian dapat membantu pembaca memahami konteks dan niat pembicaraan, serta membuat wawancara lebih mudah untuk diikuti.

Baca Juga : https://www.kael.co.id/persiapan-sebelum-melakukan-transkrip-teknik-wawancara/

Order Now