Tips Meningkatkan Minat Baca

Tips Meningkatkan Minat Membaca

Sobat Kael Leather Goods, seperti kita ketahui bahwa tingkat minat baca masyarakat di Indonesia terbilang cukup rendah. Berdasarkan data United Nations Educational, Scientific and Cultural Organizatoin (UNESCO) di tahun 2016 Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara di dunia.  Selain itu, berdasarkan data UNESCO minat membaca masyarakat Indonesia sangat rendah. Dimana hanya 0,001 persen atau 1 dari 1.000 orang di Indonesia yang rajin membaca.

Padahal membaca memberikan banyak manfaat bagi kita, apalagi untuk anak-anak dan remaja yang sedang dalam tahap perkembangan dan pencarian jati diri. Dengan membaca kita akan mendapatkan informasi, ilmu dan wawasan dari para pendahulu kita yang sudah kenyang dengan ilmu dan pengalaman hidup. Itulah sebabnya kenapa kita harus mulai berbenah diri dengan memulai membaca.

Berikut adalah tips untuk meningkatkan minat baca Anda:

  • Bacalah buku yang sesuai dengan minat atau kesukaan Anda. Jika saat ini Anda sedang rajin-rajinnya berolahraga, maka carilah buku tentang olahraga.
  • Buatlah jadwal untuk membaca. Carilah waktu yang tepat untuk membaca, misalnya sebelum tidur atau saat jam istirahat baik di sekolah, kampus atau kantor.
  • Baca di tempat yang nyaman. Carilah tempat yang tenang dan nyaman untuk membaca, seperti di kamar atau di taman. Dengan membaca di tempat yang nyaman atau favorit, Anda akan lebih mudah fokus dan terdorong untuk terus membaca lebih lama lagi.
  • Gabung dengan kelompok baca. Bergabung dengan kelompok baca atau forum baca online agar bisa bertukar pikiran dan ide dengan orang lain yang juga suka membaca.
  • Beri reward pada diri sendiri setelah membaca. Berikan reward pada diri kita setelah berhasil membaca buku sampai selesai. Misalnya aja pergi ke kafe atau melakukan aktivitas yang menyenangkan lainnya.

Baca Juga : https://www.kael.co.id/tantangan-membaca-dan-menjadi-perintis-kegiatan-literasi/

Order Now