Tas Kulit dari Garut Bikin Bule-bule di Italia Jatuh Cinta

Garut – Kualitas tas kulit buatan Garut tak perlu diragukan lagi. Bule-bule di Italia saja sampai dibuat jatuh cinta.
Festival kerajinan kulit internasional, kembali digelar di Italia. Kabupaten Garut, berkesempatan untuk mengirimkan produknya dan menjadi bagian dari pergelaran kerajinan kulit dari seluruh dunia ini.

Kerajinan kulit dari Kota Dodol, ikut dalam festival kulit internasional bertajuk Lineapelle The International Leather Fair 2023 yang diselenggarakan pada 19 hingga 21 September 2023 di Fiera Milano Rho, Italia.

Bupati Garut, Rudy Gunawan memimpin langsung delegasi dari Indonesia menuju Italia. Didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Agus Ismail, dan Kepala Bidang Penanaman Modal di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Garut Titan Pancawati.

Bupati Rudy menyebut Garut membawa beragam jenis produk kulit yang dipamerkan dalam pameran tersebut, di antaranya sepatu dan tas kulit. Produk kulit dari Garut itu pun dilirik banyak pengunjung yang datang ke acara tersebut.

“Kami membawa produk kulit buatan UKM Garut ke Italia. Ini menjadi salah satu yang paling dilirik pengunjung di sana,” kata Rudy dalam keterangannya, Senin (25/9/2023).

Rudy mengatakan, Lineapelle The International Leather Fair merupakan ajang pameran terkemuka di Eropa, yang memamerkan produk-produk berkualitas tinggi. Khususnya yang berkaitan dengan kulit.

Rudy berharap, agar produk kulit asal Garut, bisa menyamai level kerajinan kulit nomor wahid dari berbagai belahan dunia. Rudy ingin UKM yang bergerak di dunia perkulitan di Garut bisa go international.

“Juga semoga produksi tas, sepatu, jaket dan aksesoris yang diproduksi di eropa dapat menggunakan bahan baku dari Indonesia, khususnya dari kita (Garut),” katanya.

Keikutsertaan Garut dalam event Lineapelle The International Leather Fair 2023 ini, adalah yang kedua kalinya. Usai sebelumnya, pada tahun 2022 lalu, Garut juga berpartisipasi di ajang ini.