Rencanakan Strategi Membangun Karir Masa Depan

Membangun Karir Masa Depan

Membangun karir sering dikaitkan dengan masa depan cerah. Padahal dalam meraih kesuksesan dibutuhkan perencanaan matang, dan target yang ingin dicapai. Saat mengembangkan karir, Anda harus mengenal diri sendiri, serta termotivasi untuk menyusun langkah dalam mewujudkan keinginan.

Di sisi lain, sebagian perusahaan sangat mengedepankan peluang untuk karyawannya sukses berkarir. Oleh sebab itu, sebagai karyawan, Anda harus selektif dalam memilih perusahaan tempat bekerja.

Namun, Anda harus ingat, walaupun perusahaan memberi kesempatan untuk membangun karir, kunci sukses Anda di masa mendatang adalah diri sendiri. Anda harus punya tujuan karir yang jelas serta melakukan persiapan karir dengan baik. Yang mana bisa dimulai dari merencanakan strategi membangun karir masa depan.

Kapan Harus Merencanakan Karir?

Perencanaan karir sebaiknya dilakukan jauh sebelum Anda memasuki dunia kerja. Baik itu ketika Anda masih kuliah, atau magang. Dengan melakukan persiapan karir, Anda akan tahu ke mana akan melangkah, dan bagaimana cara meraihnya. Permasalahannya, sebagian orang sering kali menganggap remeh hal ini. Padahal kesuksesan karir akan didapat dengan rencana, dan kerja keras, atau usaha yang seimbang.

Strategi Membangun Karir untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Menyusun Visi dan Misi

Langkah pertama yang harus diambil dalam membangun karir, yaitu menyusun visi, dan misi. Visi adalah pandangan bagaimana diri Anda di masa mendatang. Visi dapat dibentuk melalui impian yang ingin Anda raih.

Mengenal Diri Sendiri

Mengenal diri sendiri sangat berpengaruh pada pengembangan potensi diri yang ada. Ini bukan hanya tentang mengetahui apa yang Anda suka, tapi juga memahami hal yang tidak disukai. Sederhananya, Anda perlu mencari tahu kekuatan, dan kelemahan.

Meningkatkan Keterampilan

Dalam membangun karir, Anda membutuhkan hard skill, dan soft skill. Anda harus mampu menyeimbangkan keduanya agar mendapatkan masa depan karir yang diharapkan. Anda dapat meningkatkan hard skill dengan mengikuti seminar, kursus online, atau pelatihan, webinar Indonesia, hingga sertifikasi yang relevan dengan karir Anda.

Menulis Pencapaian Anda

Tidak hanya pencapaian di masa lalu, Anda juga perlu menuliskan pencapaian yang sudah diraih saat ini. Kemudian Anda bisa meninjaunya kembali agar dapat mengetahui strategi mana yang berhasil, dan sebaliknya.

Menumbuhkan Sikap Proaktif

Pola pikir proaktif sangat dibutuhkan dalam mengembangkan karir. Berpikir proaktif adalah cara berpikir sistematis, dan penuh perhitungan. Dengan pola pikir proaktif, Anda dapat mengukur keberhasilan tindakan, dan memprediksi risiko yang akan didapatkan.

Mengetahui Tren Dalam Karir

Saat ini, zaman semakin maju dibuktikan dengan makin pesatnya perkembangan teknologi, dan munculnya era industri 4.0 dan society 5.0. Nah, untuk membangun karir yang baik, Anda harus dapat membaca tren, dan peluang karir di masa yang akan datang.

Konsisten

Setelah merencanakan karir, Anda harus menjalankannya dengan disiplin, dan konsisten. Anda harus bertanggung jawab atas diri Anda, dan rencana karir yang dibuat agar mencapai target yang telah ditentukan.

Baca Juga : https://www.kael.co.id/pengaruh-media-sosial-pada-generasi-muda/