Pengertian Tugas Dan Peran Digital Marketing

Setelah memahami definisi dari digital marketing, mari beranjak untuk mengetahui lebih jauh tugas dan peran apa saja yang perlu dilakukan oleh digital marketing.

Tugas Dan Peran Digital Marketing

Tugas dan peran yang harus dilakukan oleh digital marketer juga tidak bisa dibilang mudah, karena perlu banyak perhitungan untuk dapat menarik minat dari konsumen. Berikut ini tugas dan peran yang diemban oleh seorang digital marketer dalam sebuah perusahaan bisnis:

1. Mengatur Website Perusahaan

Website perusahaan biasanya dibuat oleh web developer programmer yang ada di perusahaan. Setelah web perusahaan dibuat, waktunya digital marketer yang ikut berperan dalam mengatur dan mengelola website perusahaan.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, seorang digital marketer harus bisa membentuk citra perusahaan. Karena itu, digital marketer akan membuat konsep untuk tampilan dari website supaya terlihat menarik dan mudah untuk dilihat oleh konsumen. Digital marketer juga akan membuat desain yang bukan hanya menarik tapi memberikan kesan perusahaan bagi konsumen.

2. Mengaplikasikan Optimasi SEO (Search Engine Optimization)

Mengaplikasikan search engine optimization juga menjadi tugas penting bagi digital marketer untuk memperbesar peluang dalam mendapatkan pengunjung yang lebih banyak. Search engine yang biasa digunakan oleh banyak perusahaan adalah Google yang memungkinkan pengunjung akan berubah menjadi konsumen.

Digital marketer akan berusaha untuk membuat website perusahaan berada di tampilan teratas di Google dengan mengaplikasikan SEO. Selain itu, SEO juga memberikan return on investment (ROI) yang cukup besar dalam jangka waktu yang cukup panjang.

3. Mengurus SEM (Search Engine Marketing)

Search engine marketing merupakan strategi pemasaran yang dilakukan digital marketer dengan upaya memasukkan iklan di media digital, yang biasa dikenal dengan sebutan Google Ads. Dengan Google Ads, kamu bisa membuat website perusahaan muncul di bagian teratas dari halaman pencarian di Google. Untuk menggunakan Google Ads, kamu perlu melakukan pembayaran sesuai dengan iklan yang dibutuhkan.

4. Mengatur SMM (Social Media Marketing)

Social media marketing menjadi salah satu jalan untuk membentuk citra perusahaan karena, penggunaan media sosial kini sudah menjadi keseharian hampir semua orang di dunia. Dengan begitu, pemasaran melalui media sosial akan menjadi cara yang ampuh untuk mengenalkan produk dan jasa yang dimiliki perusahaan.

Digital marketer bertugas untuk membuat konsep yang menarik untuk media sosial perusahaan melalui social media marketing. Biasanya social media marketing ini diterapkan melalui iklan yang dipasang di media sosial seperti instagram maupun facebook, untuk mendapatkan perhatian dari para pengguna media sosial.

5. Mengatur Iklan Display

Digital marketer juga bertugas untuk mengatur iklan display yang muncul di website. Biasanya, para digital marketer akan menggunakan teknik GDN atau Google Display Networks yang merupakan bagian dari Google Ads. GDN ini juga berbayar, biasanya akan dikenai biaya setiap ada pengunjung yang mengklik ataupun melihat.

6. Membentuk Strategi Funneling 

Digital marketing juga bertugas untuk membentuk interest, decision, dan action untuk memperbesar peluang konsumen yang membeli produk atau jasa perusahaan. Digital marketer harus merencanakan strategi funneling dengan tepat.

Baca Juga : https://www.kael.co.id/tugas-dan-peran-digital-marketing/

Order Now