Pengaruh Media Sosial pada Generasi Muda

Media Sosial Bagi Generasi Muda

Generasi millennial sangatlah mahir dalam menggunakan teknologi berbasis internet. Adanya teknologi digital ini membuat kita semua yang terhubung ke sosial media yang lama-kelamaan menjadi candu bagi para remaja di generasi Z maupun generasi millennial. Kecanduan ini membuat mereka betah berlama-lama membuka sosial media melalui smartphone ataupun tablet. Sosial media yang sering digunakan remaja saat ini antara lain adalah Instagram, Facebook, Twitter, Line, dan lain-lain.

Sosial media adalah sebuah media online yang dapat menghubungkan para penggunanya untuk berinteraksi, berbagi informasi, dan menciptakan konten. Karena itulah muncul istilah content creator, orang yang membuat konten di media sosial baik dalam bentuk video, foto, atau tulisan. Sosial media memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan seseorang karena platform ini mampu menghadirkan interaksi interaktif antar dua orang yang terpisah jarak sangat jauh sekalipun.

Meski disukai dan digunakan oleh hampir semua orang, ternyata media sosial menyimpan sisi gelap. Ada sejumlah dampak negatif dari media sosial yang sulit untuk dihindari.

  1. Memicu cyber-bullying

Secara tidak langsung media sosial membuat kaum remaja merasa dituntut untuk mengubah karakter atau penampilannya sesuai dengan standar ideal kebanyakan orang. sudah banyak orang terkenal yang kerap menjadi korban cyber-bullying karena tidak memenuhi standar atau harapan tertentu dari netizen.

  1. Mengganggu kegiatan lain

Pada umumnya remaja harus belajar dan mengerjakan tugas sekolah atau kuliah. Namun sosial media sering menjadi distraksi yang sangat mengganggu.

  1. Menjadi antisosial

Terlalu banyak berinteraksi secara virtual dapat membuat kita seakan lupa bagaimana caranya berinteraksi dengan orang di dunia nyata.

  1. Kejahatan di dunia maya

Cybercrime adalah hal yang makin sering terjadi belakangan ini. Di media sosial banyak orang yang ditipu karena sang penjahat memakai akun palsu atau bersikap ramah untuk menggali informasi tertentu. Saat ini ada begitu banyak cara baru untuk melakukan kejahatan sehingga kita perlu waspada dalam menggunakan media sosial.

Baca Juga : https://www.kael.co.id/semangat-cinta-lingkungan-generasi-muda/