Menu Sahur Sederhana untuk Anak Kos Cepat Dan Murah

Kael Leather Goods– Seringkali kita tidak memiliki banyak waktu untuk memasak sahur, terutama bagi mereka yang tinggal sendiri atau di kos-kosan. Namun, jangan khawatir! Terdapat banyak pilihan menu sahur sederhana yang bisa disiapkan dengan cepat, tetapi tetap memberikan nutrisi yang cukup.

Memasak menu sahur sendiri selama bulan Ramadan tentu akan lebih menghemat biaya. Kita juga dapat berkreasi dengan bahan-bahan makanan favorit yang mudah ditemukan.

Mencari menu sahur yang praktis dan tidak memakan banyak waktu memang menjadi prioritas bagi banyak orang. Oleh karena itu, berikut adalah kumpulan menu sahur sederhana yang mudah dimasak, tetapi tetap enak dan bergizi!

1. Ayam Goreng Gurih

Ayam Goreng Gurih adalah hidangan yang lezat dan mengenyangkan untuk sahur. Lumuri potongan ayam dengan bumbu ungkep seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, dan garam. Goreng hingga matang dan berwarna kecokelatan. Sajikan dengan nasi putih hangat.

2. Nasi Goreng Ala Anak Kost

Nasi goreng ala anak kost adalah hidangan yang praktis dan nikmat untuk sahur. Anda cukup menumis nasi putih dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan kecap manis. Tambahkan potongan daging ayam atau udang, serta irisan sayuran seperti wortel, kacang polong, dan cabe rawit untuk hidangan yang pedas dan lezat.

3. Tempe Orek

Tempe orek adalah pilihan hidangan yang kaya protein untuk sahur Anda. Tumis potongan tempe dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kecap manis, dan cabai merah. Tempe orek memberikan rasa gurih dan lezat yang cocok disantap dengan nasi hangat.

4. Telur Orek Simple

Telur orek simple adalah hidangan yang cepat dan mudah disiapkan. Anda cukup menumis telur dadar yang telah dipotong-potong dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kecap manis, dan sedikit garam. Telur orek simple memberikan rasa yang lezat dan mengenyangkan untuk memulai hari.

5. Opor Ayam

Opor Ayam adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat populer, terutama saat bulan Ramadan tiba. Hidangan ini terbuat dari potongan ayam yang dimasak dalam santan kelapa yang kental dan bumbu rempah yang kaya akan cita rasaOpor Ayam biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan berbagai pelengkap lainnya seperti telur rebus, tahu goreng, tempe goreng, dan kerupuk.  

6. Telur Rebus Dan Sayuran

Telur rebus adalah sumber protein yang baik untuk memenuhi kebutuhan energi Anda. Anda dapat menyantap telur rebus dengan tambahan sayuran seperti tomat, bayam, atau brokoli. Sedikit tips saat merebus telur Tambahkan sedikit garam dan lada untuk memberikan rasa yang lezat.

7. Nasi Goreng Kunyit

Nasi goreng kunyit adalah hidangan nasi goreng yang dimasak dengan tambahan kunyit. Kunyit memberikan warna kuning cerah pada nasi goreng dan rasa yang sedikit pedas dan earthy.

8. Nasi Liwet Magicom

Nasi liwet magicom adalah pilihan praktis untuk sahur. Masak nasi putih dengan bumbu-bumbu seperti daun salam, serai, lengkuas, dan garam dalam rice cooker magicom. Sajikan dengan lauk tambahan seperti ayam goreng, tempe orek, atau telur dadar.

9. Sop Ayam

Sop ayam adalah hidangan yang hangat dan menyehatkan untuk sahur. Rebus potongan ayam dengan bumbu-bumbu seperti jahe, bawang putih, dan daun seledri. Tambahkan wortel, kentang, dan bawang bombay untuk variasi rasa dan tekstur. Sajikan dalam mangkuk besar untuk memberikan kenyang dan kehangatan.

10. Sop Sayur

Sop sayur adalah masakan berkuah hangat dan mengenyangkan dengan bahan utama berbagai jenis sayuran. Kuahnya biasanya berasal dari kaldu ayam atau kaldu sapi, bisa juga kaldu jamur atau sayuran lainnya. Sayuran yang umum digunakan antara lain wortel, kentang, buncis, kol, tomat, dan bayam.

Sop sayur bisa dinikmati sebagai hidangan pembuka, hidangan utama, atau bahkan camilan. Rasanya cenderung gurih dan ringan, cocok untuk segala usia dan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

11. Tumis Tauge

Tumis tauge bisa menjadi pilihan hidangan sahur yang lezat, praktis, dan bergizi. Rasanya yang segar dan teksturnya yang renyah akan memberikan sensasi yang berbeda untuk sahur Anda. Ditambah lagi, tumis tauge mudah dibuat dan tidak membutuhkan banyak waktu.

Jika Anda ingin variasi rasa dan warna, tambahkan irisan wortel dan kubis. Tumis tauge juga bisa dikombinasikan dengan protein seperti telur atau ayam untuk menambah nilai gizi.-Kael Leather Goods