Simak Manfaat E-Commerce Bagi Perusahaan dan Konsumen

Kael Leather Goods-Kehadiran e-commerce menjadi berkah tersendiri bagi perusahaan dan juga konsumen. Manfaat e-commerce bagi perusahaan misalnya, e-commerce menjadi salah satu saluran pemasaran baru untuk menjangkau konsumen.

Sementara di sisi lain, manfaat e-commerce bagi pelanggan adalah menjadi fasilitas baru yang memudahkan konsumen belanja berbagai barang kebutuhan mereka. Cukup dengan berselancar di dunia maya, konsumen bisa mendapatkan barang yang diperlukan. 

Apa Itu E Commerce? Simak Pengertiannya

Perdagangan elektronik atau yang biasa kita kenal dengan e-commerce adalah sebuah model bisnis yang memungkinkan perusahaan atau pribadi individu melakukan pembelian atau penjualan melalui internet (online).

Berbagai jenis barang atau jasa bisa diperoleh melalui e-commerce. Tidak heran di awal kemunculannya e-commerce disebut sebagai salah satu disrupsi ekonomi yang harus diwaspadai, khususnya oleh para pemilik bisnis dan perusahaan. Salah satu contoh e-commerce yang cukup lekat dalam keseharian misalnya saja Tokopedia, Blibli, hingga Traveloka.

Kenali Manfaat E Commerce Bagi Perusahaan

Akan tetapi, di tengah serangan disrupsi ekonomi yang dibawa oleh kemunculan e-commerce, ada celah peluang bisnis yang bisa dibidik perusahaan. Apa saja manfaat e-commerce bagi perusahaan? Simak ulasan lengkapnya.

Memperluas Jangkauan Pasar

Manfaat e-commerce yang sangat signifikan dirasakan oleh perusahaan adalah perluasan jangkauan pasar. Maklum saja, dengan berbekal internet dan telepon, konsumen bisa menjangkau produsen yang tersebar di seluruh Indonesia. Kelebihan e-commerce ini bukan hanya menguntungkan para pemilik bisnis tetapi juga pihak konsumen. Bahkan, dengan e-commerce para pemilik usaha bisa menjangkau pasar global tanpa harus terlebih dulu membuka toko fisik di negara tertentu.

Efisiensi Biaya Sewa Tempat

Berbeda saat era konvensional masih berjaya dan toko-toko offline masih jadi andalan pelaku usaha dalam berjualan, saat ini perusahaan cukup membangun satu toko online resmi yang bisa diakses melalui e-commerce untuk menjangkau pasar di seluruh Indonesia. Dengan demikian, perusahaan tak perlu lagi harus membangun toko di satu area jika ingin menjangkau target pasar baru. 

Efisiensi Biaya Operasional

Selain bisa melakukan efisiensi untuk biaya sewa tempat, kehadiran e-commerce juga membantu perusahaan menekan biaya operasional harian, seperti biaya listrik, gaji karyawan, hingga operasional distribusi pengiriman, seperti biaya perawatan kendaraan serta gaji bulanan kurir. Efisiensi biaya ini dalam jangka waktu tertentu akan berdampak baik terhadap kondisi keuangan perusahaan.

Kenali Manfaat E Commerce Bagi Konsumen

Tak hanya memberi manfaat terhadap perusahaan, bagi konsumen manfaat e-commerce sangat terasa ketika pandemi menghantam dan aktivitas jadi serba terbatas. Apa saja manfaat e-commerce yang dapat dirasakan konsumen?

Berbelanja Tanpa Keluar Rumah

Manfaat e-commerce yang sangat dirasakan oleh konsumen adalah untuk urusan kemudahan berbelanja. Hanya lewat aplikasi dalam satu waktu, konsumen bisa mendapatkan semua barang yang dibutuhkan dari berbagai produsen. Tak perlu lagi menghabiskan waktu terkena macet di jalan hanya untuk membeli satu barang kebutuhan. 

Harga Barang Cenderung Lebih Murah

Produsen atau perusahaan yang memiliki toko resmi di e-commerce cenderung menjual produk mereka lebih murah secara online dibandingkan jika kamu membeli langsung di toko fisik mereka. Namun memang harus diakui, salah satu kekurangan e-commerce yang dirasakan adalah pelanggan tidak dapat mengecek kondisi fisik barang sebelum melakukan pembelian.

Banyak Diskon Potongan Harga

Kerja sama antara produsen dan pihak e-commerce seringkali memberikan keuntungan bagi konsumen, misalnya saja lewat potongan harga saat perayaan hari besar hingga ongkos kirim yang sangat terjangkau. Kelebihan ini juga menjadi salah satu faktor konsumen masih setia berbelanja menggunakan e-commerce hingga saat ini.