Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan

Kael Leather Goods– Di bulan Ramadan ini, sisihkan sedikit yang kamu miliki untuk dibagikan kepada sesama. Dengan begitu, keutamaan sedekah di bulan Ramadan pun akan didapatkan.

Sedekah adalah istilah yang berasal dari bahasa Arab “shadaqah”, berasal dari kata sidiq yang berarti kebenaran.

Berdasarkan BAZNAS No. 2 tahun 2016, sedekah berarti harta maupun non harta yang diberikan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kesejahteraan umum.

Salah satu dasar hukum dalam Islam yang menyebutkan kepentingan sedekah adalah surat Al-Baqarah ayat 271.

Surat Al-Baqarah ayat 271 bukan satu-satunya dasar hukum yang menyatakan keutamaan sedekah di bulan Ramadan.

Pentingnya sedekah di bulan Ramadan tercantum pada beberapa ayat lain dalam Al-Quran. Agar tidak bingung memahaminya, cek dulu ringkasannya dalam poin-poin berikut:

1. Menghapus Dosa

Keutamaan sedekah di bulan Ramadan yang utama adalah menghapus dosa sebagaimana tercantum dalam hadis yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi.

Dalam hadis tersebut, sedekah dapat menghapus dosa seperti air yang memadamkan api. Bersedekah dengan ikhlas merupakan amal baik yang diridhai oleh Allah.

2. Pahala Berlipat Ganda

Berbagai amalan baik pada bulan Ramadan dapat memberikanmu pahala yang berlipat ganda. Keutamaan ini tercantum pada surat Al-Hadid ayat 18.

Perlu diketahui bahwa bersedekah saat Ramadan nilainya setara dengan 70 kali lipat dari amal yang dilakukan pada bulan lainnya.

3. Harta Menjadi Lebih Berkah

Dalam ajaran Islam, berbagi kepada sesama tidak mengurangi harta, namun menjadikannya lebih berkah. 

Keutamaan sedekah di bulan Ramadan ini mengacu pada surat Saba ayat 39 yang menyatakan bahwa Allah akan mengganti rezeki atas harta sedekah.

4. Membuka Pintu Kebaikan

Bersedekah di bulan Ramadan dapat membuka pintu kebaikan. Dengan kata lain, kamu akan dimudahkan untuk mencapai sesuatu yang baik.

Rasulullah pun bersabda bahwa Allah memberikan keistimewaan kepada ciptaan-Nya yang dermawan dan berakhlak mulia, namun membenci hal-hal buruk.

5. Bekal di Akhirat

Di samping berbagi kebaikan dengan orang lain, sedekah di bulan Ramadan bisa menjadi bekal di akhirat.

Menyisihkan harta atau non harta yang dimiliki untuk diberikan kepada orang lain adalah amal baik yang nantinya dapat menyelamatkanmu dari siksa api neraka di akhirat.

6. Menenangkan Hati

Dengan memberikan sedekah, hatimu bisa menjadi lebih tenang. Keutamaan sedekah di bulan Ramadan ini bisa didapatkan jika kamu melakukannya dengan ikhlas, tanpa penyesalan.

Perintah bersedekah untuk memberikan ketenangan hati ini tercantum pada surat Al-Munafiqun ayat 10 yang berisi anjuran infak sebagian harta yang diberikan oleh Allah sebelum kematian menjemput dan penuh penyesalan. 

7. Mendatangkan Rezeki

Infak yang diberikan kepada sesama di bulan Ramadan akan diganti oleh Allah dengan rezeki lain karena sesungguhnya Allah pemberi rezeki yang terbaik sebagaimana disebutkan di surat Saba ayat 39.

8. Mencegah Maksiat

Manfaat sedekah di bulan Ramadan yang mungkin belum banyak diketahui adalah mengurangi tindak maksiat dalam kegiatan perdagangan atau jual beli.

Sedekah dapat menjadi cara untuk menghindari perbuatan maksiat yang disengaja maupun tidak saat bertransaksi dengan banyak orang.

Contoh Sedekah di Bulan Ramadan

Sedekah tidak harus dalam bentuk pemberian uang kepada yang tidak mampu. Terdapat berbagai contoh sedekah di bulan Ramadan yang kerap kali dilakukan, seperti:

1. Berbagi Takjil

Saat bulan Ramadan tiba, tidak jarang banyak orang turun ke jalan untuk berbagi takjil. Aktivitas ini merupakan salah satu contoh sedekah di bulan Ramadan yang memiliki dampak positif.

Agar dapat memberikan nuansa buka yang berbeda, kamu bisa memilih menu takjil unik dan membungkusnya dengan rapi sebelum dibagikan kepada orang lain.

2. Infak saat Tarawih

Saat salat Tarawih, sempatkan untuk beramal dengan memberikan infak sesuai dengan kemampuan ke kotak amal masjid.

Uang yang diberikan tidak perlu dalam jumlah besar. Niat bersedekah dan keikhlasan adalah hal-hal yang membuat pemberian infak menjadi lebih berarti.

3. Sedekah Online

Keutamaan sedekah di bulan Ramadan bisa didapatkan dengan memberikan infak secara online.

Sedekah online ini dapat menjangkau target yang lebih luas, seperti kebutuhan pembangunan sekolah dan bantuan sosial untuk anak yatim di daerah pelosok.

Sekian pembahasan seputar keutamaan sedekah di bulan Ramadan yang bisa menjadi inspirasi untuk menambah pahala di samping menjalankan puasa sebagai ibadah utama.-Kael Leather Goods