Kerja Remote: Arti, Jenis, Manfaat, dan Cara Mencarinya

Kerja Remote

Tren kerja remote meningkat 44% selama 5 tahun terakhir. Apalagi setelah pandemi COVID-19, banyak perusaahaan bertahan menerapkan remote working karena merasakan banyak manfaat dari transformasi digital ini. Mulai dari karyawan yang makin produktif, kemudahan merekruit pegawai baru, sampai efisiensi budget operasional kantor.

Jadi, apa sebenarnya kerja remote itu? Apa saja jenis pekerjaan  dengan sistem kerja remote? Apa manfaat remote working? Dan bagaimana cara mencari kerja remote? Artikel ini akan membahas semuanya dengan tuntas. Yuk simak!

Arti Kerja Remote

Menurut Skill Crushremote working adalah pekerjaan yang dapat diselesaikan di mana pun tanpa perlu ke kantor, dari lokasi mana saja. Jadi karyawan dapat bekerja di rumah, co-working space, kafe, atau tempat-tempat dengan suasana kerja yang nyaman lainnya.

Survei oleh Flex Jobs menyatakan bahwa orang yang bekerja secara remote lebih sehat secara mental, karena fleksibilitas yang dirasakan selama bekerja. Sebanyak 48% dari responden mengaku dengan bekerja secara fleksibel, kondisi work life balance mereka semakin meningkat.

Hal ini meningkatkan produktivitas karyawan dengan signifakan. Sehingga pekerjaan pun dapat selesai dengan hasil yang lebih maksimal. Kenyamanan dan fleksibilitas yang tinggi ini membuat semua orang bermimpi untuk dapat kerja secara remote.

Bagaimana Sistem Kerja Work from Home?

Sistem kerja WFH ini banyak mengandalkan tools dan teknologi untuk memungkinkan tim dapat bekerja secara virtual dari mana saja. Kerja dari rumah, kafe, co-working space atau ruang kerja, maupun tempat nyaman lainnya.

Menurut vmware, sistem kerja remote dapat dikatakan sukses apabila memenuhi kriteria berikut:

  • Memiliki koneksi internet yang stabil
  • Memiliki collaboration tools yang mumpuni, seperti: Slack, Trello, Notion, Asana, dan sebagainya.
  • Memiliki budaya trust dan teamwork

Dengan sistem kerja jarak jauh seperti ini, pekerjaan apa saja yang sebenarnya bisa dilakukan secara remote?

Contoh Pekerjaan Remote

Digital Marketer

Profesi di bidang digital marketing sangat populer karena banyak menerapkan sistem kerja jarak jauh dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan besar maupun kecil.

Digital marketing fokus pada pekerjaaan degnan berbagai macam skill berikut, seperti Performance Marketing atau Paid Ads, Marketing Analytics, SEM, SEO, Social Media Marketing, Content Writer, dan Email Marketing.

Software Engineer

karir sebagai sofware engineer sudah terkenal di perusahaan yang menerapkan pekerjaan jarak jauh. Salah satu penyebab utama adalah karena karywawannya fokus pada pekerjaan yang banyak mengandalkan IT.

Software engineer dapat menyelesaikan pekerjaan melalui berkutat dengan coding, Github, dan berkolaborasi dengan tim secara online. Selama spesifikasi laptop memadai dan koneksi internet stabil, software engineer dapat bekerja 100% remote dari mana saja.

Web Developer

Berdasarkan Efficiency Survey dari Statista, sebanyak 59% web developer telah bekerja secara remoteRemote working yang tersedia untuk developer tidak hanya penuh waktu, tetapi juga part time.

Salah satu pekerjaan web developer adalah mengembangkan dan memastikan desain serta fungsi website memenuhi harapan pengguna, dari segi UI (user interface) dan UX (user experience). Seorang web developer biasanya menguasai bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScripts.

Graphic Designer

Kamu suka desain? Jika iya, kesempatan kamu untuk mulai karier remote sebagai Graphic Designer terbuka sangat lebar. Kamu bisa memilih perkerjaan dengan workload yang sesuai dengan kondisimu sekarang, apakah freelance atau full time.

Tips penting untuk dapat menjadi Graphic Designer yang bekerja online adalah buat portfolio desainmu dan sebarkan ke berbagai platform. Nantinya akan ada banyak perusaan yang mengetahui desain karyamu lalu tertarik untuk menerima lamaran kerjamu.

Manfaat Kerja Remote Working

Dampak positif yang paling terasa bagi orang yang bekerja secara online adalah kondisi work life balance membaik secara signifkan. Kamu dapat melakukan pekerjaan dari rumah sekaligus melakukan pekerjaan rumah atau bahkan hobimu.

Hal ini tentu saja membuat banyak pekerja remote menjadi lebih produktif. Pekerjaan terselesaikan dengan baik tanpa menimbulkan burn out. Dan yang paling penting, bisa efisien secara budget dan tenaga dalam hal transportasi ke kantor. Kamu dapat menghemat biaya karena tidak perlu pergi ke kantor setiap harinya.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai kerja remote, sistem, pekerjaan, dan cara kerja remote Tunggu apalagi, yuk mulai bekerja remote sekarang!

Cek disini untuk melihat produk kulit brand lokal ternama Kael Leather Goods!

Order Now