Kelebihan Dan Kekurangan Bahan Suede, Kulit, Dan Sintetis

Kael Leather Goods-Dalam memproduksi dompet, tas, dan sepatu banyak kita temui barang-barang tersebut terbuat dari bahan kulit. Jenis kulit yang sering dipakai pada produk-produk ini biasanya kulit suede, sintetis dan kulit asli. Yang perlu kita ketahui bahwa dalam ketiga jenis bahan kulit tersebut terdapat plus-minus yang bisa kita jadikan pertimbangan sebelum membeli. Kelebihan dan kekurangan itu akan dibahas dibawah ini.

  1. Kulit Suede

Kelebihan bahan kulit suede ini ada pada harganya yang lebih murah dari kulit asli. Dan jika terkena matahari langsung, tidak cepat panas. Namun yang menjadi kekurangan pada bahan suede ini yaitu permukaanya yang lembut atau soft membuat barang dengan bahan ini menjadi mudah kotor. Dan juga kainnya yang tipis sehingga jahitan mudah tertarik bahkan terlepas.

  1. Kulit Asli

Bahan kulit asli ini mempunyai kelebihan tidak menyimpan panas. Barang dengan bahan kulit asli lebih awet daripada kulit sintetis. Bahan kulit asli berkualitas bisa bertahan hingga 5 tahun pemakaian. Jika dipakai dengan siklus pemakaian yang normal, warna pada kulit akan tetap terjaga hingga tidak cepat pudar. Kekurangan dari bahan kulit asli ini akan cepat rusak bila terlalu sering terkena cahaya matahari. Untuk itu, harus rutin membersihkannya dengan cairan tertentu. Harganya yang lebih mahal dibanding dengan bahan-bahan yang lainnya menjadi salah satu kekurangan bahan kulit asli ini.

  1. Kulit Sintetis

Bahan kulit sintetis mempunyai kelebihan pada harganya yang tidak semahal kulit asli. Perawatannya cenderung lebih mudah daripada merawat kulit asli. Namun yang menjadi kekurangan bahan kulit sintetis ini adalah keawetannya tidak dapat mengalahkan kulit asli. Seiring berjalannya pemakaian, barang dengan kulit sintetis akan cepat retak lalu mengelupas. Bahannya yang menyimpan panas sehingga terkadang mengganggu kenyamanan pemakai juga menjadi kekurangan bahan kulit sintetis ini. Kael Leather Goods