Jenis dan Karakter Kulit Sapi Untuk Dompet Handmade

Kael Leather Goods– Kulit merupakan bahan utama yang akan menentukan kualitas sebuah produk setelah skil pengerjaan. Berdasarkan pengalaman probadi, karakter kulit 60% mempengaruhi tingkat kualitas produk apabila jenis dan karakter kulit yang digunakan sesuai dengan peruntukannya.

Artikel, Karakter dan Jenis Kulit Sapi Untuk Dompet Handmade.

1. Soft (tingkat kelenturan)

Pilih jenis kulit dengan tingkat kelenturan yang sedang. Jika masih bingung acuannya seperti apa, Anda bisa mengambil acuan soft bahan untuk sepatu atau sandal karena apapun artikelnya, bahan sepatu atau sandal pasti memiliki tingkat soft yang sedang sehingga jika dipalikasan ke dompet versi handmade biasanya cocok. Hindari memilih bahan yang terlalu soft atau cenderung lembek karena hal akan menghasilakn kualitas yang kurang maksimal seperti bentuk tidak tegak dan cenderung loyo plus pinggiran susah dirapihkan.

2. Kepadatan Kulit

Kepadatan juga cukup berpengaruh, oleh karenanya pilihlah kulit dengan tingkat kepadatan yang baik. Kulit yang memiliki kepadatan bagus dapat dirasakan pegangannya dan akan lebih terasa berat jika dibandingkan dengan kulit yang gembos (kurang padat). Bahan yang padat akan menghasilakn sebuah dompet yang membentuk bagus dengan pegangan yang enak serta mudah ketika di finishing pinggir.

3. Ketebalan

Kulit dipasaran terutama yang dijual lembaran mungkin tidak memiliki ketebalan yang sama karena dasar pembuatanny beda-beda peruntukan. Namun di Indonesia sendiri rata-rata standar di ketebalan 0.8mm. Ukuran tebal 1.8mm masih dapat digunakan untuk membuat dompet desain 3 lapis tanpa harus di seset atau ditipisin menggunakan mesin seset. Jika ingin membuat desain minimal 4 lapis keatas, maka usahakan cari bahan dengan ketebalan dibawah 1.8mm atau usahakan Anda harus punya mesin seset (Leather Skiving Machine).

Artikel kulit sapi yang umum digunakan untuk dompet Handmade
1. Vegetable
2. Crazy horse (CH)
3. Brush Off
4. Pull up strong
5. Napa
6. Corrected