Doa Menyambut Bulan Ramadhan: Arab, Latin dan Artinya

Kael Leather Goods– Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Seiring mendekatnya kedatangan bulan suci ini, sudah sepatutnya kita sebagai umat muslim menyambutnya dengan rasa syukur dan memanjatkan doa-doa yang tulus.
Salah satu amalan yang bisa dilakukan seluruh umat muslim yaitu dengan membaca doa menyambut bulan Ramadhan.

Menyambut bulan Ramadhan dengan berdoa adalah wujud syukur dan upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Melalui doa-doa ini, diharapkan agar ibadah puasa bisa diterima, dosa-dosa diampuni, dan umat Islam mampu mencapai puncak spiritualitas selama bulan suci Ramadhan.

Dirangkum dari buku Kumpulan Doa & Dzikir Ramadhan (2015), di bawah ini terdapat bacaan doa menyambut bulan Ramadhan.

Bacaan doa menyambut Ramadhan
Doa menyambut Ramadhan sebenarnya tidak terdapat dalam riwayat doa khusus dari Nabi maupun para sahabatnya ketika menyambut bulan suci ini.

Hanya saja, para sahabat dan ulama menyambut bulan Ramadhan dengan suka cita dan diungkapkan dengan memanjatkan kalimat-kalimat yang mengandung doa kebaikan dan harapan seperti berikut.

أللهمَّ سَلِّمْنِي لِرَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

Allahumma salimnî li ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan.

Artinya: “(Ya Allah, sampaikan aku [dengan selamat] kepada [bulan] Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku (juga) dan terimalah [amal-amal] ku [di bulan] Ramadhan).”(Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani, Kitâb al-Du’â’, 2007, hlm. 312).

Maksud terdahulu para sahabat Nabi memanjatkan doa sebelum memasuki Ramadhan ini telah dijelaskan dalam riwayat berikut.

“Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelum datang bulan Ramadhan, mereka berdoa agar Allah Swt mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah Ramadhan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka ketika di bulan Ramadhan.” (Lathaiful Ma’arif, Ibnu Rajab, hal.264)