Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Ini Format yang Pasti Dilirik HRD

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar memiliki format yang sesuai dengan standar formal dan profesional. Format ini mencakup penggunaan bahasa yang baku dan ejaan yang tepat, sesuai dengan buku¬†“Sukses Mendapat Kerja dan Meraih Karier Impian”¬†oleh Juliardos J.M. Lubis, S.Psi.

Dalam surat lamaran kerja, penting untuk menyusun kepala surat atau header yang mirip dengan surat bisnis yang digunakan dalam perusahaan.

Memahami contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar sangat penting bagi pelamar. Surat lamaran adalah kesan pertama yang diberikan kepada HRD, sehingga harus mampu mencerminkan profesionalisme dan keseriusan pelamar. Kesalahan kecil dalam ejaan atau format bisa berdampak besar terhadap peluang diterimanya lamaran tersebut.

Tips membuat lamaran kerja sesuai dengan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar antara lain adalah menggunakan bahasa formal dan baku. Pastikan setiap kata dan kalimat tersusun dengan baik tanpa kesalahan ejaan. Selain itu, penggunaan tanda tangan yang tegas dan dinamis dengan fountain pen dan tinta berwarna biru bisa menambah kesan profesionalisme pada surat lamaran Anda.

Selain itu, berlatih menulis surat lamaran dengan tanda tangan yang kuat dan berkesan dinamis juga sangat disarankan. Tekanan yang cukup kuat saat membubuhkan tanda tangan bisa menambah nilai profesionalisme surat lamaran Anda. Jika memperhatikan semua detail ini, surat lamaran kerja Anda akan lebih dilirik oleh HRD.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar untuk Penuh Waktu

Surabaya, 26 Juni 2028

Kepada Yth,

Bapak / Ibu Pimpinan

u.p. Kepala Personalia

di Tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya :

Nama Lengkap :

Tempat Tanggal Lahir :

Jenis Kelamin :

Pendidikan Terakhir :

Bersama ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan pada perusahaan yang bapak / ibu pimpin, untuk mengisi posisi Akuntan. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini beberapa ijazah yang saya miliki:

1. Ijazah Sarjana.

2. Transkrip Nilai Sarjana.

3. Sertifikat kursus Computer Microsoft Office.

4. Sertifikat kursus Computer Dac Easy Accounting.

5. Sertifikat kursus Bahasa Inggris.

6. Sertifikat kursus Computer Internet.

7. Kartu Tanda Penduduk, SIM A dan SIM C.

Demikian permohonan ini saya sampaikan, besar harapan saya semoga bapak /Ibu senantiasa dapat mempertimbangkannya.

Atas segala perhatian bapak / ibu, saya haturkan terima kasih.

Hormat saya,

(Nama Lengkap)