Siapa sangka dengan 5 panduan sederhana berolahraga saat puasa ini bisa bikin perut kamu rata tanpa perlu banyak berkeringat dan kehausan.

Kael Leather Goods-Bulan puasa bukan berarti saatnya bermalas-malasan nih. Dengan berkurangnya waktu istirahat karena terpotong sahur, olahraga yang tepat dapat membantu menjaga stamina kamu agar tetap fit untuk menjalani hari kamu.

Bagaimana sih cara yang tepat untuk berolahraga pada saat puasa? Simak tips olahraga saat puasa di bawah ini ya!

1. Kenali waktu yang tepat untuk berolahraga

Waktu yang baik untuk berolahraga saat puasa adalah pada malam hari setelah waktu berbuka atau sore hari sekitar 1-2 jam sebelum waktu berbuka.

Olahraga setelah buka puasa memungkinkan kamu untuk memiliki lebih banyak energi. Namun sebaiknya tidak dilakukan langsung ketika perut sedang penuh ya. Baiknya ditunggu sekitar 1-2 jam setelah makan agar perut tidak kram. Sedangkan olahraga sebelum waktu berbuka biasanya dapat memberikan semangat lebih karena energi yang terbuang setelah lelah berolahraga dapat langsung digantikan pada saat berbuka.

Sebaiknya, olahraga tidak dilakukan pada saat perut kosong ataupun pada siang hari ketika terik matahari sedang tinggi-tingginya untuk mencegah dehidrasi. Kembali lagi, mengenai waktu olahraga tersebut dapat disesuaikan dengan jadwal masing-masing individu. Kira-kira mana nih yang lebih sesuai dengan waktu dan kegiatan kamu?

Berolahraga malam hari setelah waktu berbuka puasa.

2. Temukan jenis olahraga yang akan dilakukan

Pada dasarnya, olahraga apapun akan menghabiskan energi kamu lho. Pilihlah olahraga yang intensitasnya ringan sampai sedang sehingga tubuh tidak cepat kehilangan banyak energi. Nah, olahraga jenis ini dapat kamu pilih, di antaranya adalah yoga, pilates, Taichi, bersepeda, berjalan santai, dan berenang. Sedangkan olahraga yang sebaiknya kamu hindari adalah olahraga yang intensitasnya tinggi, seperti senam aerobik atau zumba, jogging atau berlari, sepak bola atau futsal, dan HIIT (High Intensity Interval Training). Enggak mau dong, ketika berolahraga saat puasa, tiba-tiba kamu merasa dehidrasi lalu haus tak tertahankan?

Pilih aktivitas olahraga yang intensitasnya ringan selama sedang berpuasa

3. Durasi Olahraga

Selama berpuasa, durasi ideal adalah sekitar 30-60 menit. Gak usah terlalu lama, yang penting rutin dilakukan setiap hari untuk menjaga stamina dan juga performa tubuh agar tetap fit. Apabila biasanya kamu berolahraga di atas dua jam, khusus olahraga saat ramadan ini sebaiknya dikurangi agar tubuh bisa beradaptasi dan tidak terlalu lelah. Jadi, malamnya kamu gak bablas ketiduran nih.

4. Pemanasan dan Peregangan

Bagian penting tapi seringkali terlupakan pada saat olahraga adalah melakukan peregangan dan pemanasan sebelum mulai berolahraga. Kalau kedua hal tersebut gak kamu lakukan, bisa berbahaya lho. Kenapa gitu? Soalnya bisa meningkatkan risiko cedera dan juga menurunkan performa kamu pada saat berolahraga. Bukannya sehat, malah sengsara nanti.

5. Tetap Terhidrasi

Jangan lupa sedia air dan minum air putih yang cukup pada saat waktu berbuka ya, Sahabat. Asupan cairan yang disarankan adalah 1,5-2 liter per hari namun disesuaikan lagi dengan kondisi tubuh kamu. Apabila kamu butuh lebih banyak cairan karena keringat juga terbuang lebih banyak, minumlah lebih banyak air agar tubuh tidak defisit cairan dan dehidrasi.

Selalu sediakan air putih yang cukup pada saat berbuka puasa.

Nah, kira-kira itulah tips berolahraga saat puasa. Agar tetap fit, puasa atau tidak, sebaiknya kamu melakukan olahraga dengan rutin setiap harinya ya! Selain itu, kesejahteraan yang tumbuh di masa depan gak berarti apapun bila kesehatan gak berada di sekitarmu dan keluarga nantinya.-Kael Leather Goods