Bagaimana Pendidikan di Era Digital Saat Ini?

Kael Leather Goods-Peran teknologi yang bergerak masif mendorong berbagai instansi untuk beradaptasi dan berinovasi sehingga mengarah menuju digitalisasi. Termasuk juga dunia pendidikan. Lalu, seperti apa pendidikan di era digital ini?

Maka dari itu konsep e-learning kini semakin populer digunakan, yaitu model pembelajaran menggunakan perangkat digital yang dilakukan secara online.

Faktor Pendukung E-Learning

Bagaimana agar murid dan guru melakukan proses belajar dan mengajar online secara efektif dan produktif? Ada beberapa faktor pendukung yang penting.

Peran ICT untuk Pendidikan

Upaya mendukung pendidikan di era digital tak lepas dari peran ICT (Information And Communications Technology).

Menurutnya, peran ICT untuk pembelajaran terbagi tiga, yaitu sebagai sistem pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar. Pada sistem pembelajaran, ICT meliputi e-learningvirtual learningonline learningonline course dan open distance learning

Sedangkan pada media pembelajaran, ICT meliputi multimedia presentasi, teaching aidsplatform podcast atau vlog hingga media video animasi untuk menyampaikan materi belajar. Lalu, untuk sumber belajar peran ICT meliputi e-book, e-journals dan ensiklopedia online.

Melalui paparan di atas, sangat jelas bahwa ICT memberikan manfaat ke dalam berbagai aspek. Seperti yang dipaparkan oleh UNESCO bahwa ICT dapat memberikan akses luas terhadap pendidikan hingga meningkatkan efektivitas atau efisiensi pengelolaan dan manajemen di instansi pendidikan.

Peran Cyber Pedagogy untuk Pendidikan

Cyber Pedagogy menjadi peran penting untuk sistem pendidikan di era digital ini. Cyber Pedagogy merupakan metode untuk mengajar murid melalui bantuan media teknologi. Maka dari itu, guru tidak lagi menjadi sumber satu-satunya untuk memberikan materi belajar kepada murid melainkan juga didukung dengan teknologi yang ada saat ini, seperti internet.

Pada metode ini platform untuk pembelajaran daring sangat berperan besar. Jenis platform tersebut adalah LMS (Learning Management System) salah satunya jelajah Ilmu, lalu video conference, assessment tools dan media sumber pembelajaran seperti YouTube. 

Pada metode ini, guru juga diajak menjadi konten kreator yang aktif dan interaktif dalam memberikan materi kepada murid. Seperti misalnya membuat materi berbentuk animasi video atau presentasi menggunakan audio dengan gaya komunikasi yang menyenangkan namun tetap mendidik.

Seperti itulah gambaran dunia pendidikan di era digital saat ini, berawal dari konvensional menjadi serba digital. Pada akhirnya semua harus bertransformasi mengikuti era informasi yang begitu serba cepat dan mudah diakses kapan saja.