Apa Itu Identitas Sosial? Begini Pengertian dan Contohnya

Identitas Sosial Diri Sendiri

Kael Leather Goods – Manusia dalam kehidupan bermasyarakat memiliki kebutuhan untuk dapat mengerti hakikat dirinya sendiri. Identitas sosial adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

Pendekatan identitas sosial merujuk pada suatu motivasi dasar individu untuk kepercayaan diri mereka dalam konteks kelompoknya. Motivasi tersebut timbul dengan adanya perbedaan antara kelompoknya dengan kelompok lain dalam aspek nilai-nilai keunggulan kelompoknya.

Identitas sosial bukan hanya tentang bagaimana individu melihat diri mereka sendiri, tetapi juga bagaimana mereka dilihat oleh orang lain dalam kelompok sosial yang berbeda. Dan pembentukan identitas sosial dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti budaya, norma sosial, pengalaman pribadi, dan banyak faktor lainnya.

Pengertian Identitas Sosial

Dikutip dari Science Direct, sebuah teori identitas sosial mendefinisikan kelompok sebagai kumpulan orang-orang yang mengkategorikan diri mereka sebagai bagian dari kategori sosial yang sama. Kesamaan ini mereka bangun dengan menginternalisasikan atribut-atribut yang menentukan identitas sosial.

Konsep ini merujuk pada cara individu mengidentifikasi diri mereka sendiri dalam konteks sosial, bagaimana mereka merasa terhubung dengan berbagai kelompok sosial, dan bagaimana identitas ini memengaruhi perilaku dan persepsi mereka terhadap diri mereka sendiri dan orang lain.

Contoh Identitas Sosial

Kategorisasi ini sering kali diberikan kepada kita atau sesuatu yang kita dilahirkan. Contoh identitas sosial antara lain: ras, etnis, jenis kelamin, jenis kelamin, status sosial ekonomi, orientasi seksual, usia, agama/keyakinan agama, asal negara, dan emosi, ketidakmampuan dan kemampuan perkembangan.

  • Usia : Identitas sosial berdasarkan usia mencakup kategori seperti anak-anak, remaja, dewasa muda, dewasa, atau lansia. Bahkan pengelompokan berdasarkan generasi kelahiran seperti gen Z, milenial, dan lain sebagainya.
  • Ras : Identitas sosial berdasarkan ras mencakup kelompok-kelompok seperti Orang Kulit Putih, Afrika-Amerika, Asia, dan banyak lagi.
  • Etnis : Identitas etnis dapat merujuk pada kelompok etnis tertentu seperti Hispanic, Arab, Yahudi, atau Navajo. Identitas etnis memengaruhi budaya, tradisi, dan nilai-nilai individu serta cara mereka mengidentifikasi diri dalam konteks sosial.

Baca Juga : https://www.kael.co.id/rencanakan-strategi-membangun-karir-masa-depan/