Apa itu Faux Leather? Simak Penjelasan dan Cara Merawatnya

Kael Leather Goods-Semua orang tertarik untuk mencari produk yang memiliki bahan kulit (kecuali anda adalah pelindung satwa seperti grup PETA). Namun masih belum banyak orang yang mengerti mengenai apa bahan kulit itu sendiri. Dengan kemajuan teknologi, kulit yang dulunya adalah semurni-murninya dari hewani, sekarang

Merawat faux leather itu sebenarnya cukup mudah kok, Toppers. Untuk merawat kebersihannya, kamu sesekali bisa mengelap kulit sintetis dengan kain yang seratnya lembut dan non abrasif yang direndam dengan campuran air dan sabun cair.

Cara ini akan menghilangkan kotoran dan debu yang ada pada permukaan faux leather. Pastikan tidak ada sabun yang tersisa pada kulit sintetis tersebut, ya.

Cara Membersihkan Faux Leather

Jika faux leather terkena noda, kamu pun tidak perlu khawatir Toppers. Sebab, kulit sintetis biasanya stain-resistant dan noda pun bisa mudah hilang dengan dilap basah. Ingatlah untuk gunakan lap yang lembut, ya.

Jika nodanya membandel, kamu dapat merendam kainnya dalam air dan sabun, lalu menggunakan kain tersebut untuk lap. Jangan lupa untuk memeras lap tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, lap dengan kain dengan serat halus yang kering, dan pastikan tidak ada sisa sabun pada kulit sintetis setelahnya. Biarkan kering dengan cara air dry. 

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

1. Sinar Matahari

Sinar matahari langsung itu tidak baik untuk faux leather, Toppers. Sebab, faux leather sensitif terhadap paparan sinar matahari. Sinar matahari yang berlebih bisa membuat warna kulit sintetis cepat pudar dan juga bahan PU rusak.

 2. Perhatikan Produk Pembersih

Topper pun harus memperhatikan sabun atau produk pembersih yang digunakan untuk faux leather. Patokannya adalah jika sabun tersebut terlalu keras untuk kulit kamu dan kamu tidak akan memakainya di kulit kamu, sabun tersebut kemungkinan besar juga terlalu keras untuk faux leather.

3. Gunakan Kain yang Halus

Ingatlah untuk selalu menggunakan kain yang halus untuk mengelap faux leather, Toppers. Jika ada noda, jangan digosok. Bukan nodanya yang hilang, malah kulit sintetisnya yang akan rusak.

4. Jangan Biarkan Sisa Sabun

Setelah membersihkan faux leather, pastikan untuk tidak meninggalkan sisa-sisa sabun atau produk pembersih lain pada faux leather. Kamu dapat membersihkan sisa produk pembersihnya lagi dengan mild detergent.

5. Hindari Penggunaan Bleach

Jangan pernah gunakan bleach pada faux leather kamu, Toppers. Sebab, bleach akan berdampak buruk pada struktur dari bahan faux leather

Jika sudah pernah terkena bleach, faux leather akan lebih mudah cracking. Selain itu, jika terkena noda, noda tersebut akan menyerap lebih dalam.

6. Beri Jarak Antar Barang

Saat menaruh barang dengan bahan faux leather, berikanlah jarak dengan barang lainnya ya, Toppers! Sebab, gesekan antara faux leather dan barang lainnya bisa membuat permukaan kulit faux leather tergoresToppers.

7. Gunakan Silica Gel

Supaya faux leather tidak berjamur, taruhlah silica gel saat menyimpan barang dengan bahan faux leather di dalam kotak.